Seleksi Tahap II KPU-Bawaslu RI: Tantangan Berat, Integritas Jadi Kunci

Seleksi Tahap II KPU-Bawaslu RI: Tantangan Berat, Integritas Jadi Kunci

BERBAGI
Logo KPU dan Bawaslu KPU RI

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengatakan Tim Seleksi KPU BAWASLU telah menghasilkan sejumlah nama yang akan melanjutkan tahapan berikutnya. Dari nama itu diharap muncul Komisioner yang berintegritas.

Seperti diberitkan, ada sebanyak 36 peserta KPU dan 22 peserta Bawaslu akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi selanjutnya diantaranya dengan tes wawancara.

Menurut Masykurudin, penyelenggara pemilu mendatang dihadapkan pada tantangan yang berat. Selain mekanisme penyelenggaraan Pemilu yang baru, KPU Bawaslu berada dalam kondisi kepercayaan masyarakat terhadap politik yang cenderung turun.

‘Meningkatkan partisipasi sebagai salah satu bentuk penguatan pemilih dalam proses Pemilu adalah tujuan utama penyelenggara Pemilu mendatang,” kata Masykurudin pada lintasparlemen.com, Jakarta, Senin (26/12/2016).

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, lanjut Masykurudin, integritas penyelenggara menjadi syarat kunci. Bagaimana mewujudkan komposisi penyelenggara Pemilu yang tidak pandang bulu, menjunjung tinggi kepastian hukum untuk melaksanakan keadilan Pemilu serta secara solid membuka ruang seluas-luasnya bagi keterlibatan pemilih.

“Oleh karena itu, dari daftar peserta yang telah lolos seleksi dan akan menjalani tahap berikutnya, seyogyanya tim seleksi mewujudkan komposisi penyelenggara Pemilu yang tidak hanya mempunyai kapasitas akademik dan sehat jasmani rohani tetapi juga mampu bekerja secara tim untuk menjaga integritas Pemilu baik proses dan hasilnya,” paparnya. (HMS)

Facebook Comments