Semangat Sumpah Pemuda 1928 Diperlukan untuk Hadapi Kontestasi Politik 2024

 Semangat Sumpah Pemuda 1928 Diperlukan untuk Hadapi Kontestasi Politik 2024

JAKARTA – Makna dari Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tahunnya banyak pelajaran yang dapat dijadikan rujukan menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024 mendatang. Beragam refleksi yang dapat diambil dari peringatan yang bertepatan pada hari ini, Jumat (28/10/2022).

Sama halnya dengan Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi ingin agar momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda dijadikan semangat menghadapi konstelasi politik di tahun 2024 mendatang.

“Menjelang kontestasi politik 2024 kita perlu membawa semangat sumpah pemuda dalam suasana politik nasional. Sumpah pemuda memberikan inspirasi semangat menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Habib Aboe pada Lintas Parlemen, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Oleh karenanya, lanjut Habib Aboe, hal itu perlu menjiwai suasana politik nasional. Dengan memaknai semangat sumpah pemuda, maka langkah politik yang dilakukan akan selalu berorientasi pada kesatuan bangsa.

“Sehingga, dinamika politik nasional akan selalu berkembang, namun tetap dalam kerangka persatuan,” jelas Habib Aboe.

Anggota Komisi III DPR RI ini mengingatkan, setiap politisi perlu menyatukan visi kebangsaan seperti dicontohkan oleh Pemuda Indonesia di zaman dahulu. Di mana persatuan menjadi tujuan utama di atas kepentingan kelompok dan golongan.

“Spirit tersebut harus kita teladani bersama, sehingga meskipun kita berkontestasi secara politik, semangat persatuan dan kepentingan nasional harus diutamakan,” terangnya.

Politisi senior asal Kalimantan Selatan itu, juga tak lupa mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu mencontohi semangat anak muda 49 tahun kalau atau di tahun 1928. Dengan semangat itu, lanjutnya, Clcita-cita bangsa Indonesia lebih cepat tercapai.

“Mari bersama meneladani semangat pemuda, agar bangsa ini semakin kokoh, berdaya saing dan mampu bertahan dalam percaturan internasional. Sehingga, cita cita nasional akan bisa terwujud dengan baik,” pungkas Habib Aboe.

Laporan: Razaq

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait