Skenario Dirjen Imigrasi Membuat Delegasi KTT G20 Nyaman Selama di Bali

 Skenario Dirjen Imigrasi Membuat Delegasi KTT G20 Nyaman Selama di Bali

JAKARTA – Perhelatan KTT G20 merupakan forum internasional yang melibatkan ribuan delegasi dari 20 negara. kedatangan dan kepulangan para delegasi perlu dikelola dengan baik, khususnya dalam prosedur keimigrasian.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi menanggapi kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan selama dua hari di Bali, (15-16/11/2022).

Habib Aboe memuji kinerja Kementerian Hukum dan HAM terutama Dirjen Imigrasi. Baginya, Dirjen Imigrasi telah bekerja dengan baik sehingga para delegasi kepala negara tiba di tanah air dengan nyaman.

“Sebagai mitra kerja Kemenkumham, saya mengapresiasi kinerja Dirjen imigrasi yang cukup rapi,” kata Habib Aboe pada wartawan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Dirjen Imigrasi punya skenario sangat jitu sehingga KTT G20 berjalan sukses. Di mana skenario Imigrasi, usai pesawat delegasi mendarat di Bandara Ngurah Rai, para petugas Imigrasi didampingi protokol dan konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah bersiap-siap di dekat pesawat kepresidenan untuk mengumpulkan paspor milik delegasi tesebut kemudian membawa ke terminal VIP.

Bagi Sekjen DPP PKS ini menjelaskan, dengan kebijakan tersebut memberi kenyamanan dan kemudahan bagi delegasi dan jurnalis melaksanakan tugasnya selama di Bali. Dengan bebas visa tersebut, delegasi yang terdiri dari pimpinan negara dan menteri tidak perlu lagi melewati konter pemeriksaan imigrasi seperti perjalanan internasionan pada umumnya.

“Berbagai kemudahan seperti akses bebas visa dan tidak perlunya delegasi VIP melakukan tatap muka di counter, membuat kenyamanan proses Keimigrasian di forum G20,” terang Habib Aboe.

Lebih lanjut, Habib menerangkan, langkah yang diambil Kemenkumham ini patut untuk diapresiasi. Apalagi didukung adanya LO dan protokol untuk membantu komunikasi dan Layanan sepanjang proses keimigrasian di Bandara Ngurahrai Bali.

“Dengan demikian prosedur keimigrasian akan dilayani lebih cepat dan rapi,” ujar Habib Aboe.

“Kita berharap dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh Dirjen Imigrasi Kemenkumham, akan bisa memberikan kesan positif untuk seluruh delegasi peserta KTT G20,” tutup Habib Aboe.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.