Sodik Mudjahid Ajak Rakyat Lestarikan Seni Budaya Nusantara Pencak Silat

 Sodik Mudjahid Ajak Rakyat Lestarikan Seni Budaya Nusantara Pencak Silat

BANDUNG – Olahraga dari bela diri pencak silat dikenal dikenal sebagai seni membela diri secara tradisional yang lahir dari Indonesia. Meski lahir dari nusantara, seni bela diri jenis pencak silat ini dikenal juga di Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand selatan.

Bagi Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid yang bidangi masalah pendidikan seni budaya ini, pencak silat adalah bela diri yang pernah rutin dilakukan semasa kecil di Bandung, Jawa Barat. Sodik masih ingat sejumlah gerakan dasar pencak silat tersebut.

“Sebagai orang Jabar, olahraga silat merupakan salah satu olahraga favorit. Meskipun tidak menguasai, tapi saya menikmati gerak dan jurus-jurusnya,” kata Sodik seperti dikutip di akun instagram @sodikmudjahid, Ahad (7/8/2022).

Sodik meminta seluruh pihak menjaga dan melestarikan pencak silat sebagai budaya Indonesia. Wajar, lanjutnya, altet Indonesia di kancah internasional sering juara umum, yang terbaru RI juara umum di Malaysia.

“Jangan sampai seni budaya kita jadi tamu di negeri sendiri, harus kita jaga, harus kita lestarikan. Itulah sedikit pesan yang saya sampaikan, saat saya mengunjungi salah satu padepokan pencak silat, di Kota Bandung beberapa waktu lalu,” jelas Sodik.

“Semangat anak-anak di padepokan tersebut menambah semangat saya untuk turut melestarikan dan menjaga budaya warisan leluhur,” sambung Sodik.

Politisi Gerindra yang pernah aktif di HMI dan PII ini mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga rutin. Di antaranya dengan melakukan gerakan ringan seperti pencak silat.

“Mari, kita sama-sama jaga budaya yang ada di negara kita Indonesia. Olahraga tidak bisa lepas dari keseharian saya, minimal jalan kaki atau jogging diusahakan dilakukan setiap paginya,” terang Sodik.

Ia menceritakan, asyiknya para anak-anak berolahraga silat saat mengunjungi salah satu perguruan pencak silat di daerah Rancabolang, Kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Ia turut mengikuti  gerakan anak-anak tersebut.

“Mari kita tetap lestarikan budaya warisan leluhur, dengan cara menjaga atau bahkan menjadi aalah satu pelakunya. Smeoga tradisi budaya kita tetap ada untuk dinikmati oleh anak cucu kita kelak,” pungkasnya.

Laporan: Andy

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait