Sosok Almarhum Tjahji Kumolo di Mata Sekjen PKS: Humble, Dialogis, Ulet dan Menghormati Yunior

 Sosok Almarhum Tjahji Kumolo di Mata Sekjen PKS: Humble, Dialogis, Ulet dan Menghormati Yunior

JAKARTA – Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi sangat berduka atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo usai menjalani perawatan secara intensif sejak beberapa hari lalu.

Di mata Habib Aboe, sosok almarhum sangat bijaksana dan enak diajak berdialog membahas persoalan kebangsaan ke depan. Bagi Habib Aboe, Tjahjo figur yang sangat baik dan ramah dengan siapa saja.

“Yang saya kendal almarhum adalah pribadi yang yang sangat humble (rendah hati). Selain itu, asyik diajak berdialog soal kebangsaan sangat baik, karena almarhum sangat dialogis orangnya,” kata Habib Aboe saat dimintai keterannganya terkait sosok Tjahjo Kumolo semasa hidupnya, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Habib Aboe menceritakan, semasa hidupnya beberapa kali melakukan dialog bersama almarhum. Kesan yang tersimpan di benak Habib Aboe, sosok Tjahjo Kumolo memiliki kepribadian ulet bekerja keras.

“Saya ingat, almarhum sangat bekerja keras, jika ada yang ingin selesaikan harus tuntas dulu. Pokoknya Pak Tjahjo Kumolo selama hidupnya sangat ulet. Selain itu, almarhum juga sangat dialogis orangnya jika diajak komunikasi. Padahal, partai saya dengan partainya beda tapi kami leluasa berdialog terkait persoalan apapun jika bertemu,” jelas Habib Aboe.

Ketua MKD DPR RI asal Dapil Kalimantan Selatan ini menjelaskan, sifat almarhum tak hanya itu, banyak sifat Tjahjo Kumolo yang bisa dijadikan contoh bagi generasi setelahnya. Anggota Komisi III DPR RI ini menyebut sifat yang tak terlupakan oleh almarhum sangat menghormati orang lain meski usianya di bawah dirinya.

“Almarhum juga punya sifat yang sangat menghormati para yuniornya. Luar biasa almarhum semasa hidupnya, bahkan saya merasa kehilangan,” ujar Habib Aboe.

Seperti diberikan sebelumnya, Tjahjo meninggal dunia sebelum sholat Jumat tepatnya pukul 11.10 WIB. Almarhum sempat dirawat beberapa hari di RS Abdi Waluyo.

Anak pertama Tjahjo Kumolo Rahajeng Widyaswari menyampaikan jenazah sang ayah akan disalatkan hari ini di kantor KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

“Insya Allah, habis ini kita mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru kemudian kita mandikan. Setelah itu, baru kemudian segera disalatkan di masjid Kantor MenPAN-RB,” teang Rahajeng Widyaswari pada wartawan di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).

Rahajeng mengungkapkan jenazah sang ayah disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

“Usai dari kantor, mungkin habis Ashar atau habis disalatkan langsung disemayamkan di Kalibata,” ujar Rahajeng.

Laporan: Aidil Muhammad

Editor: Habib Harsono

 

 

 

Digiqole ad

Berita Terkait