Tak hanya Sibuk Urus IKN, Jokowi Didesak Selesaikan Persoalan Papua

 Tak hanya Sibuk Urus IKN, Jokowi Didesak Selesaikan Persoalan Papua

Ketua Umum Komite Suara Perempuan Indonesia (KSPI), Nova Rumondor

JAKARTA – Ketua Umum Komite Suara Perempuan Indonesia (KSPI) Nova Rumondor meminta Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tak hanya fokus melaksanakan pembangunan di Ibukota Negara (IKN). Namun, Nova meminta Jokowi menyelesaikan persoalan kesejahteraan masyarakat Papua yang hingga kini belum selesai.

Menurut Nova, membangun IKN pemerintah pusat jangan hanya berkonsentrasi membangun sarana prasarana IKN saja. Tetapi hendaknya juga memperhatikan provinsi yang baru dimekarkan seperti Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan sehingga ada keseimbangan dan pemerataan pembangunan secara simultan.

“Masyarakat khususnya kaum perempuan dan anak harus merasakan langsung manfaat dari pemekaran ketiga provinsi tersebut, jangan hanya mekar di atas kertas saja tapi harus nyata,” tegas Nova pada keterangan tertulisnya, Ahad (06/11/2022) kemarin.

Di masa depan, kata Nova, ketiga provinsi baru Papua tersebut berpotensi menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN), karenanya anggaran bantuan dari pememerintah pusat untuk sarana prasarana harus diperbesar.

“Termasuk anggaran kesejahteraan kaum perempuan dan pendidikan anak juga sebaiknya diperbesar, kasihan kalau kaum perempuan muda, ibu-ibu dan anak-anak kalau dibiarkan berjibaku sendiri tanpa perhatian padahal jarak ke IKN sudah semakin dekat dengan Papua,” tutup Nova.

Laporan: Ari Susanto

Editor: Habib Harsono

 

Digiqole ad

Berita Terkait