Toyota Serius Garap Pasar Indonesia

Toyota Serius Garap Pasar Indonesia

BERBAGI

JAKARTA – Toyota Indonesia terus menunjukan keseriusannya menggarap pasar otomotif di kawasan Indonesia. Lihat saja, selama berkecimpung lebih dari 4 dekade, Toyota senantiasa menunjukkan keseriusan dalam menggali potensi pasar dan industri otomotif di Indonesia.

“Berbagai upaya dilakukan Toyota untuk memenuhi tantangan dari kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang beragam,” kata kata Vice President Director TAM Henry Tanoto seperti dikutip halaman web site resmi Toyota.

Untuk ini, Toyota selalu menanamkan investasi baru di Indonesia seperti investasi di periode 2012 hingga 2014 sebesar 13 trilyun rupiah yang salah satunya berujung pada pengoperasian Pabrik Karawang 2 dimana model-model Etios Valco, Vios, dan Yaris dilokalkan produksinya.

Sepanjang tahun 2015 dan 2016, Toyota Indonesia telah menanamkan investasi baru sebesar 10,4 trilyun rupiah. Investasi ini ditanamkan untuk memproduksi model baru Kijang Innova dan Fortuner, mengoperasikan Pabrik Karawang 3 yang memproduksi mesin aluminium tipe R-NR berbahan bakar bensin dan ethanol, serta memulai produksi model Sienta.

Pabrik Karawang 3 merupakan pabrik mesin Toyota pertama di dunia yang mengaplikasikan konsep “Through Line” berupa seluruh proses produksi berada di bawah 1 atap, sementara itu Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang memproduksi  dan mengekspor The All New Sienta.

Investasi ini belum termasuk kapital yang ditanamkan oleh rantai pasok Toyota Indonesia dari hulu ke hilir seperti para pemasok lokal dan dealer-dealer yang tersebar diseluruh pelosok nusantara, serta perusahaan-perusahaan grup Toyota lainnya di Indonesia.

Seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat setidaknya dalam sepuluh tahun terakahir, permintaan atau kebutuhan terhadap kendaraan ikut meningkat dan memberi peluang bagi Toyota untuk memenuhinya dengan produk dan layanan terbaiknya.

“Ini terlihat dari penjualan Toyota yang mampu mencapai angkat pertumbuhan di atas rata-rata sehingga pangsa pasar meningkat secara signfikan,” ujar Henry Tanoto.

Dalam satu dekade terakhir itu, pangsa mobil Toyota bertengger di atas 33% dibandingkan periode yang sebelumnya berkisar 24%-25% dengan angka penjualan berkisar 50.000 per tahun. Bahkan pada 2006  pangsa pasar ini sempat naik ke posisi tertinggi yaitu  38% pada tahun 2006 dengan volume 280.000 unit per tahun.

Pencapaian hasil tersebut tentu tidak terlepas dari refleksi keseriusan Toyota dalam menggarap potensi pasar yang ada dan menjadi pilihan utama sebagian besar  masyarakat Indonesia.

Dalam memenuhi dinamika perkembangan kebutuhan pelanggan, Toyota tidak hanya fokus pada improvement produk, tapi juga pada pelayanan termasuk aftersales terbaik agar mendapat respon positif pelanggan.

Toyota yakin, lanjutnya, membangun kepercayaan pelanggan harus dilakukan secara menyeluruh yaitu,  dengan produk dan layanan terbaik. Pertumbuhan angka penjualan dengan pangsa pasar terbesar telah menempatkan Toyota sebagai brand yang menjadi lokomotif utama dinamika pasar otomotif  sampai saat ini.

Toyota Indonesia juga memperhatikan pengembangan jaringan penjualan dan pelayanan purna jual demi memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Hingga Oktober 2016, tercatat 292 outlet resmi Toyota siap untuk melayani segala kebutuhan pelanggan. Dukungan dari dealer juga merupakan salah satu faktor penting untuk meraih kepercayaan masyarakat Indonesia sehingga Toyota selalu menjadi salah satu pemimpin pasar otomotif di Indonesia.

Pencapaian selama 45 tahun  juga telah menempatkan mobil Toyota sebagai populasi terbesar di Indonesia dengan angka sekitar 4,9 juta unit yang menemani dan menjadi pilihan para pelanggan di tanah air. Tidak tanggung-tanggung, saat ini Toyota menyediakan lebih dari 22 model Toyota ditambah dengan 8 model Lexus untuk memenuhi kebutuhan konsumen otomotif Indonesia.

Keberhasilan pemasaran Toyota di pasar nasional berhasil juga telah menempatkan Indonesia sebagai bagian strategis karena berhasil mencapai posisi pasar keempat terbesar di jajaran Toyota global,  setelah negara-negara besar lainnya seperti  Jepang, Amerika dan China.

Toyota optimis, dengan modal pengalaman 45 tahun  yaitu benar-benar secara seksama mempelajari kebutuhan masyarakat Indonesia, kepercayaan pelanggan yang sudah terbangun selama ini bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Berbagai riset  pengembangan produk dan  pelayanan terus dilakukan agar mobil Toyota selalu selaras dengan kondisi geografis dan demografis, serta perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia, seperti Toyota Kijang dan Avanza yang menjadi MPV fenomenal di Indonesia. Begitu juga dengan pengembangan mobil lainnya sehingga hampir 90% mobil Toyota dijual di Indonesia sudah menggunakan  fasilitas-fasilitas produksi  di tanah air.

Khusus di tahun 2017 ini, mengakhiri kuartal III tahun 2016, Toyota mencatatkan kinerja membanggakan dengan total penjualan ritel 280.179 unit atau tumbuh 18,7% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan nasional yang tercatat sebesar 2,4%.

Pada periode ini, Toyota juga membukukan market share sebesar 36%. Pencapaian ini didorong oleh tumbuhnya kinerja di segmen SUV dan MPV, berkat hadirnya produk-produk baru seperti All New Fortuner, All New Innova, All New Sienta, dan All New Calya, serta stabilnya penjualan Toyota Avanza dan Veloz.

“Terima kasih atas kepercayaan pelanggan yang kami rasakan semakin kuat, yang terlihat pada pertumbuhan penjualan. Ini sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond yang menjadi pegangan kami yaitu berupaya melakukan improvement  secara berkesinambungan melalui konsep Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service agar produk dan layanan kami bisa melebihi ekspektasi pelanggan,” ujar Henry.

Semangat Let’s Go Beyond merupakan komitmen Toyota memberikan sesuatu yang melebihi ekspektasi pelanggan. Ini adalah jawaban atas tantangan yang semakin besar di tengah-tengah persaingan pasar yang semakin ketat, serta kebutuhan pelanggan yang semakin beragam. Dalam semanga baru ini, dalam dua tahun terakhir Toyota telah meluncurkan dan produk-produk baru antara lain Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Alphard Hybrid, All New Innova, All New Fortuner, New Rush, All New Sienta, dan All New Calya yang semuanya mendapat repon positif dari masyarakat. (HMS)

 

 

Facebook Comments