Tragedi Kemanusiaan Kanjuruhan karena Sebuah Kesalahan

 Tragedi Kemanusiaan Kanjuruhan karena Sebuah Kesalahan

Sedih, pilu, duka bercampur marah menjadi satu di dalam hati rakyat Indonesia setelah mendengar berita tragedi kemanusiaan ratusan korban penonton sepak bola di stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur.

Peristiwa menyedihkan itu telah terjadi, ratusan nyawa telah hilang menjadi korban, karena sebuah kesalahan dan ketidak-cakapan dalam mengelola dan menyelenggarakan pertandingan Big Match Arema VS Persebaya.

Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, DPW Pemuda LIRA Jawa Timur turun langsung menemui para keluarga korban dan ikut membantu semaksimal mungkin yang bisa kami lakukan. Kami merasakan pilu, perih dan derita orang tua serta saudara para korban yang terpaksa ikhlas harus menerima salah satu anggota keluarganya menjadi korban tragedi kemanusiaan Kanjuruhan pada tanggal 1 Oktober 2022.

Selain membantu para korban, kami juga akan ikut mengawal pemerintah untuk investigasi dan menelusuri dimana letak kesalahan yang mengakibatkan sedikitnya seratus tiga puluh nyawa melayang.

Menurut kami kepolisian dan PSSI adalah lembaga negara yang paling bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa ini

Point diatas yang kami sampaikan bukan untuk mencari-cari kesalahan tetapi evaluasi keseluruhan, kepolisian dan PSSI harus mengakui karena kelalaian mereka, bukan hanya ratusan korban meninggal, tetapi juga sepak bola Indonesia tercoreng di kancah dunia.

Kami mengapresiasi Presiden Jokowi dengan sigap dan cepat membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang di ketuai oleh Bp Mahfud MD dengan beberapa struktur organisasi yang ramping dan efektif didalamnya ada Menpora, BNPB, pengurus PSSI, jurnalis, akademisi dan lain sebagainya.

Harapan kami dari TGIPF mampu memutuskan dengan tegas, lugas dan tidak ragu, bila harus melanjutkan ke proses hukum jika ada oknum melakukan kesalahan dan kelalaiannya, demi nama baik bangsa dan masa depan persepakbolaan Indonesia.

Oleh: Adam Irham, Ketua Umum DPP Pemuda LIRA

Digiqole ad

Berita Terkait