Umat Islam Cinta Indonesia

Umat Islam Cinta Indonesia

SHARE

JAKARTA – Anggota MPR RI dari FPKS Hermanto menegaskan, umat Islam cinta Indonesia. Sejarah panjang membuktikan hal tersebut.

“Umat Islam merupakan anak bangsa yang telah memberikan segenap jiwa dan raga untuk lahirnya bangsa dan negara”, ucap Hermanto dihadapan peserta kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ruang Serbaguna Balai Pelatihan Koperasi, Padang belum lama ini.

Di zaman penjajahan, jelasnya, umat Islam turut serta melakukan perlawanan hingga melahirkan Sumpah Pemuda.

“Saat Sumpah Pemuda itu lahirlah Bangsa Indonesia. Jadi umat Islam terlibat aktif mewujudkan bangsa Indonesia,” paparnya.

Selanjutnya di zaman pergerakan, lanjutnya, umat Islam turut berjuang melahirkan kemerdekaan. “Proklamasi Kemerdekaan merupakan awal berdirinya Negara Indonesia. Jadi umat Islam berperan besar dalam terbentuknya Negara Indonesia”, tuturnya.

“Pada masa kemerdekaan, raja-raja kerajaan Islam di nusantara menyerahkan wilayah kekuasaannya untuk NKRI,” ungkap Hermanto.

Pada masa peralihan, katanya, kaum intelektual dan ulama turut merumuskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berdirinya Negara Indonesia yang bebas dan merdeka dari segala bentuk penjajahan. “Selanjutnya pada masa pembangunan, umat Islam turut serta menguatkan kohesifitas sosial untuk mewujudkan cita-cita bangsa,” tandasnya.

Umat Islam telah nyata mewujudkan nilai toleransi yang luar biasa. Kebhinnekaan yang telah menjadi takdir bangsa, dirawat dan dipelihara dengan cara saling menghormati sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga.

“Umat Islam dan Bangsa Indonesia tidak perlu dipertentangkan. Umat Islam dan Bangsa Indonesia sudah menjadi satu kesatuan tubuh yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain,” ujar Hermanto

Umat Islam cinta Indonesia merupakan pengejawantahan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Pembukaan UUD NRI 1945 untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tidak ada keterkaitan umat Islam dengan tindakan kekerasan atau radikalisme. Radikalisme tidak sesuai dengan nilai dan ajaran Islam yang mengajarkan umat untuk cinta pada tanah airnya,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini. (joko)

Facebook Comments