Viral! DPR Soroti Logo KIA Mirip Logo Perusahaan Kereta Api Polandia

 Viral! DPR Soroti Logo KIA Mirip Logo Perusahaan Kereta Api Polandia

JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS Amin, Ak menyoroti viralnya foto di media sosial (medsos) yang terunggahan yang menampilkan kemiripan logo perusahaan kereta api asal Polandia, Public Transport Service (PTS), dengan logo lawas PT Kereta Api Indonesia (KAI). Amin mengusulkan agar KAI dan PTS duduk bareng mendiskusikan soal kemiripan logo itu.

“Saya tidak tahu, apakah PT KAI atau PTS sudah mendaftarkan logo masing-masing ke WIPO (World Intellectual Property Organization). Akan tetapi, mengingat PT KAI sendiri sudah tidak lagi menggunakan logo tersebut, akan lebih baik jika kedua belah pihak membahasnya bersama sebelum membawa hal itu ke jalur hukum,” kata Amin kepada wartawan, Ahad (17/3/2024).

Amin menyebutkan, Komisi VI DPR komisi yang membidangi masalah Perdagangan, Koperasi UKM, BUMN, Investasi, dan Standarisasi Nasional. PT KAI adalah BUMN.

Untuk itu, Amin mengatakan tak seharusnya segala sesuatu diselesaikan lewat jalur pengadilan.

“Dalam konteks eks logo PT KAI, jika bisa diselesaikan di meja perundingan, itu jauh lebih baik,” lanjutnya.

Menurut Amin, kemiripan logo adalah kasus yang unik dikarenakan beberapa hal. PT KAI sejak September tahun 2020 sudah tidak lagi menggunakan logo tersebut sebagai lambang organisasinya.

Di sisi lain, PT KAI lebih dulu menggunakan logo yang mirip tersebut. PT KAI sejak tahun 2011, sedangkan PTS sejak tahun 2016. Artinya, PT KAI sudah lebih dulu mendaftarkan logo tersebut sebagai logo miliknya.

Jika merujuk pada UU 20/2016 tentang MIG, kata Amin, logo sebuah organisasi atau perusahaan, baru bisa digunakan oleh organisasi atau perusahaan lain setelah 10 tahun sejak logo tersebut tidak digunakan.

Logo itu memang terlihat sama persis dengan logo lawas KAI yang dipakai pada tahun 2011. Sejak perusahaan didirikan, KAI sudah mengganti logo sebanyak lima kali.

Pergantian logo terakhir dilakukan pada 2020. Logo kelima PT KAI alias yang terbaru kini berupa tulisan KAI dengan warna khas jingga-biru tua.

“Terkait dugaan kemiripan logo KAI yang lama dengan suatu instansi di Polandia yang dimaksud, akan kami pelajari lebih lanjut dari berbagai aspek aturan yang berlaku,” kata Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus saat dimintai konfirmasi, Sabtu (16/3).

 

Berita Terkait