Wajah Suram KNPI Kota Bekasi Akankah Berubah?

 Wajah Suram KNPI Kota Bekasi Akankah Berubah?

Logo KNPI

BEKASI, Lintasparlemen.com – Tinggal menghitung hari, Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi bakal digelar.

Banyak harapan menyertai wajah organisasi kepemudaan ini dengan figur yang akan tampil sebagai kandidat Ketua dan Sekretaris DPD KNPI Kota Bekasi di masa periode mendatang.

Saat ini, pihak panitia masih sibuk melakukan verifikasi terhadap organisasi kepemudaan yang akan diikutsertakan sebagai peserta Musda KNPI Kota Bekasi nanti.

Dari data yang diterima hingga saat ini, tercatat sebanyak 63 organisasi kepemudaan yang dipastikan lolos sebagai peserta Musda. Banyak pihak yang berharap adanya perubahan positif yang dilaksanakan KNPI Kota Bekasi.

“Hal ini dilatarbelakangi sikap kekecewaan para pengurus organisasi kepemudaan yang ada di Kota Bekasi terkait kegagalan Nuryadi Darmawan ( Nung ) dalam memimpin KNPI Kota Bekasi,” kata pengurus DPP Pergerakan Wanita Nasional (Perwanas) Nyimas Sakuntala Dewi, Selasa (03/05/2016) kemarin pada Lintasparlemen.com.

“Selama beberapa tahun ini KNPI Kota Bekasi dianggap mati suri karena vakum, tanpa adanya program yang berjalan. Wajar kalau wajah suram KNPI Kota Bekasi saat ini merupakan dampak sistemik dari gagalnya Nuryadi Darmawan dalam memimpin KNPI di Kota Bekasi, sehingga ada caretaker dari provinsi,” lanjutnya.

Nyimas mengaku tidak paham mengapa sosok gaung dan ruh KNPI tiba-tiba lenyap di Kota Bekasi. “Silahkan tanya para pengurus organisasi kepemudaan yang ada disini, program apa yang sudah dilaksanakan KNPI? Rata-rata bilang nihil,” tegas aktifis ’98 ini.

Nyimas menjelaskan, KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang mandiri dan bebas dari intervensi kekuatan lain, termasuk dari kekuatan politik.

“Makanya, Ketua dan Sekretaris yang bakal tampil nanti harus murni lahir dari kekuatan pemuda, dan netral dari kekuatan lain,” harapnya.

Secara terpisah, Hendra Siahaan dari Front Pemuda Nasionalis Bung Karno (PNBK) Kota Bekasi mengakui KNPI Kota Bekasi belum bisa melakukan gebrakan yang signifikan dalam melakukan pembinaan terhadap para pemuda.

“Wajar kalau kami bertanya sejauh mana pertanggungjawaban Ketua KNPI Kota Bekasi saat ini,” kata Hendra Siahaan.

Hendra berharap agar KNPI Kota Bekasi lebih eksis menjalankan program kerja di masa mendatang.

“Kami akan lebih kritis dalam memilih figur-figur yang maju dalam Musda nanti,” tegasnya. (Mahabbahtaein)

Digiqole ad

Berita Terkait