Warganya Tewas, Kemenlu Israel Coba Usik Indonesia

 Warganya Tewas, Kemenlu Israel Coba Usik Indonesia

JAKARTA – Warga Israel Bar Anan (37) yang tewas di Gunung Rinjani, NTB, ternyata memasuki Indonesia dengan paspor Portugis. Kini Kementerian Luar Negeri Israel di Singapura, mulai mengusik Tanah Air.

Di mana Kemenlu Israel menyatakan bahwa otoritas Indonesia telah mempersulit upaya penyelamatan dan menolak bekerja sama. Padahal secara nyata Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

“Ada beberapa insiden baru-baru ini warga kami memasuki negara menggunakan paspor asing,” kata kementerian seperti dikutip Ynet, Selasa (23/8/2022).

“Pihak berwenang mempersulit dan hampir tidak mungkin untuk bekerja sama dengan kami dalam bantuan yang relevan,” tambahnya.

Diketahui, seorang warga negara Israel, tewas pada Sabtu (20/8/2022) di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat mencoba mendaki gunung berapi aktif tersebut.

Menurut keterangan petugas polisi Bar Anan berhasil mendaki hingga ketinggian 3.766 meter sebelum jatuh ke lereng dengan kedalaman sekira 150 meter pada Jumat (19/8/2022).

Pada Kamis (18/8/2022), Bar Anan dan dua turis lainnya memulai perjalanan mereka dengan seorang pemandu. Menurut keterangan istri pemandu, Bar Anan mencoba berswafoto sebelum dia jatuh ke lereng dan tewas.

Proses evakuasi jasad Bar Anan, yang dipantau Konsulat Israel di Singapura, memakan waktu cukup lama. Diketahui, jasad warga Israel itu baru dapat dievakuasi dari lereng Gunung Rinjani pada hari keempat setelah kejadian, atau Senin (22/8/2022).

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait