Data Tak Lengkap, Dirjen Dukcapil: Aplikasi Cek KTP Meresahkan

 Data Tak Lengkap, Dirjen Dukcapil: Aplikasi Cek KTP Meresahkan

ilustrasi

Jakarta, Lintasparlemen.com–Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menepis adanya kebocoran data di Data Center Kementerian Dalam Negeri. Hal ini berkaitan dengan munculnya aplikasi Cek KTP yang dapat diunduh di smartphone yang dapat mengecek informasi KTP di seluruh Indonesia.

Aplikasi Cek KTP tersebut dikembangkan dalam sistem android dengan pengembang Mychael Cristian Go seorang junior programmer dari perusahaan software yang berkantor di Tomang Jakarta Barat.

“Karena banyak sekali yang menanyakan bahwa NIK (nomor induk kependudukan) tidak ada. Sehingga menimbulkan keresahan,” ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Lanjutnya, data tersebut bersumber dari server KPU. Server KPU memang mempublikasikan data pemilih untuk masyarakat umum.

“(Data di Cek KTP) Ini data lama yang tidak update sehingga yang belum berusia 17 tahun pada 2014 tidak bisa dilihat datanya,” tambahnya.

Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil sendiri telah memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin mengecek data identitas dengan mengakses www.dukcapil.kemendagri.go.id.

“Bisa langsung cek di website kita kalau mau lihat data identitas masing-masing. Ada aplikasinya juga buka dari situs tersebut,” ujar Sekretaris Dirjen Dukcapil, I Gede Suratha.

(Merdeka)

Digiqole ad

Berita Terkait