Ini AKTI si Penerima Beasiswa Toyata Indonesia

Ini AKTI si Penerima Beasiswa Toyata Indonesia

BERBAGI

JAKARTA – Adalah Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) yang merupakan akademi manufaktur otomotif besutan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang menerima beasiswa atau belajar gratis ditanggung oleh Toyota Indonesia.

AKTI merayakan kelulusan angkatan kedua dengan predikat Diploma 1 (D1) Jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi sebanyak 32 siswa pada 30 Agustus 2017 lalu.

Wisuda berlangsung di Auditorium Hall AKTI Karawang 3 , acara ini dihadiri oleh Perwakilan Koordinator Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) Wilayah IV Jawa Barat serta Perwakilan Polman Bandung yang didampingi oleh sejumlah manajemen TMMIN dan perwakilan Toyota Motor Corporation (TMC) – Jepang.

Perjalanan para mahasiswa AKTI tidaklah mudah. Para mahasiswa harus melalui seleksi ketat 500 kandidat dari seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di pelosok Indonesia, terutama wilayah Karawang di mana fasilitas TMMIN banyak berada.

Setelah melalui seleksi akademis dan wawancara, 32 siswa yang terdiri atas 27 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan yang berasal dari 16 kota di 9 provinsi kemudian berhak menempuh pendidikan dengan sistem sekolah asrama tanpa dipungut biaya pendidikan.

Kelulusan ditandai dengan pemberian sertifikat dan medali penghargaan yang diberikan oleh Warih Andang Tjahjono, selaku Presiden Direktur TMMIN yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan AKTI, dan Amirul Chusni selaku Direktur AKTI.

Amirul berharap, lulusan AKTI diharapkan dapat menjawab tantangan akan peningkatan kualitas tenaga ahli bersertifikasi di bidangnya masing-masing.  Secara bersamaan, keberadaan AKTI ditujukan untuk dapat medukung program serta cita-cita pemerintah akan kebutuhan SDM yang kompeten dan memiliki keahlian spesifik.

Pada saat bersamaan, AKTI juga membuka satu jurusan baru setara program D2 yaitu Teknik Produksi Kendaraan Roda Empat. Ekspansi ini sekaligus mengukuhkan semangat dan komitmen Toyota Indonesia untuk berperan aktif dalam mempercepat ketersediaan tenaga ahli di bidang otomotif .

Untuk diketahui, angkatan ketiga AKTI telah selesai diseleksi dan telah memulai masa pembelajaran. Mereka terdiri dari 64 siswa terbaik dari 600 kandidat yang disaring dari 12 provinsi tepatnya dari 30 SMK yang tersebar di 21 kota.

“Jumlah ini naik dua kali lipat dari angkatan sebelumnya dan terdiri dari 32 siswa D1 jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi dan 32 siswa D2 jurusan Teknik Produksi Kendaraan Roda 4,” ujar Amirul.

Perkembangan ini sesuai dengan target AKTI di awal pendiriannya yaitu menyerap 100-150 peserta didik setiap tahun sehingga dalam 10 tahun mendatang diharapkan dapat mencetak paling sedikit 1.000 tenaga ahli di bidang manufaktur otomotif yang siap terjun ke dunia industri. (HMS)

Facebook Comments