Kehadiran Dwi Tunggal Jokowi Membahagiakan Keluarga Besar Pemuda Pancasila

Kehadiran Dwi Tunggal Jokowi Membahagiakan Keluarga Besar Pemuda Pancasila

SHARE

JAKARTA- Presiden Joko Widodo akan membuka penyelenggaraan Musyawarah Besar ke-10 (Mubes X) Pemuda Pancasila sekaligus perayaan HUT ke-60 Pemuda Pancasila di Hotel Sultan Jakarta, tanggal 26 Oktober 2019. Sedangkan, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan menutup acara pada 28 Oktober 2019.

“Kehadiran dwi tunggal Joko Widodo – KH Maruf Amin yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2019 ini akan menjadi kebahagiaan bagi segenap keluarga besar Pemuda Pancasila. Kehadirannya akan menyemarakan penyelenggaraan Mubes Pemuda Pancasila menjadi lebih meriah dan penuh sukacita. Sekaligus lebih menggairahkan semangat kader Pemuda Pancasila dalam memasyarakatan Pancasila dalam kehidupan keseharian,” ujar Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo usai Rapat Pleno XX Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, di kantor Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, di Jakarta, Selasa (22/10/19).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, selain secara aklamasi akan memilih kembali Japto Soerjosoemarno sebagai Ketua Umum Pemuda Pancasila periode 2020-2024, Mubes X juga akan menorehkan dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yaitu Ikrar Sumpah Pemuda oleh Anggota Ormas Terbanyak, serta Ikrar Anti Narkoba oleh Anggota Ormas Terbanyak.

“Mubes yang dihadiri sekitar 1.500 pengurus wilayah dan cabang Pemuda Pancasila ini juga akan menghadirkan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tema Sixty Fest, menyesuaikan usia Pemuda Pancasila yang memasuki ke-60 tahun. Melibatkan UMKM dari berbagai bidang seperti kuliner dan fashion. Tak lupa juga akan ada festival band serta games menarik yang membuat acara menjadi semarak,” jelas Bamsoet.

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno menerangkan, dalam pelaksanaan Mubes X akan ada evaluasi kepengurusan serta program yang sudah terlaksana maupun yang belum. Mubes X juga akan menetapkan pokok-pokok pikiran rekomendasi, baik internal maupun eksternal, serta menetapkan program kerja lima tahun kedepan yang berfokus pada pemantapan komitmen kebangsaan sekaligus membumikan Pancasila ke seluruh sendi kehidupan masyarakat.

“Pemuda Pancasila siap membantu keberhasilan program pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam rangka mempertegas peran Pemuda Pancasila dalam pembangunan nasional, kita akan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dua bidang ini, UMKM dan penanggulangan bencana, sangat dekat dengan kehidupan kader Pemuda Pancasila,” terang Japto.

Lebih jauh Japto menambahkan, kiprah dan pengabdian kader Pemuda Pancasila saat ini sudah semakin tersebar ke berbagai lini. Dari mulai ekonomi, sosial, sampai politik.

“Dua orang kader Pemuda Pancasila kini menjadi dua pemimpin lembaga tinggi negara, yakni Pak Bamsoet sebagai Ketua MPR RI dan pak La Nyalla Mattaliti sebagai Ketua DPD RI. Sejak awal saya sampaikan, ibaratnya sebagai orang tua, Pemuda Pancasila selalu mendukung anak-anaknya berkiprah dimanapun, termasuk jika Pak Bamsoet menjadi Ketua Umum Partai Golkar,” pungkas Japto. (dwi)

Facebook Comments