Ketua DPR: Vaksin Palsu Beredar Karena Keteledoran

 Ketua DPR: Vaksin Palsu Beredar Karena Keteledoran

Ketua DPR RI Ade Komarudin saat mengisi sambutan Buka Puasa Bersama dikediamannya

JAKARTA, LintasParlemen.com – Ketua DPR RI Ade Komarudin menyesalkan beredarnya vaksin palsu di sejumlah rumah sakit. Sebab, hal ini tentunya sangat merugikan masyarakat yang seharusnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

”Soal ini, dahulu sudah sering terulang ini berarti dari sistemnya sudah benar, sudah ada. Tetapi ini satu keteledoran dan satu keteledoran dari pengawasan Badan POM,” katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/6).

Karena itu, Akom menilai penting mengingatkan komisi IX DPR, untuk memanggil pihak terkait yang bertanggungjawab akan hal ini. Meski, ia yakin Komisi IX telah melakukan tugasnya sesuai dengan fungsi dan kewenangannya.

”Kita harus pertanyakan dengan baik menyangkut hal ini kepada Badan POM, tidak bisa kita biarkan. Ini menyangkut soal kesehatan masyarakat dan jika kita biarkan, itu akan berdampak buruk akan meluas di masyarakat,” ujarnya.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan, selama 13 tahun vaksin palsu beredar luas di tanah air. Karena itu, Kementerian Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diminta segera melokalisir peredarannya, apalagi di Rumah Sakit.

“Vaksin palsu yang sudah 13 tahun beredar luas, secara tidak langsung sama saja membunuh generasi bangsa,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Sumber: Republika)

Digiqole ad

Berita Terkait