Selamatkan Nyawa TKW, Pemerintah Harus Gunakan Semua Jalur

 Selamatkan Nyawa TKW, Pemerintah Harus Gunakan Semua Jalur

Ilustrasi

Jakarta, EduNews.id–Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad  meminta Pemerintah RI menggunakan semua jalur untuk menyelamatkan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Rita Krisidianti yang divonis mati oleh Pengadilan Penang, Malaysia.

“Saya pikir, Rita hanyalah korban dari sindikat perdagangan narkotika internasional,” kata Waketum Gerindra ini di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Menurutnya, pemerintah bisa melakukan advokasi  di Malaysia.

“Pemerintah mempunyai peluang yang sangat besar, untuk turun dan membantu sekuat mungkin agar dapat menyelamatkan TKI kita yang sedang terkena musibah di sana,” tandas Wakil Ketua MKD ini.

Saat ditanya apakah akan memanggil pihak terkait untuk membicarakan hal tersebut, Dasco menjawab belum.

“Kita belum membahas dalam rapat internal. Namun Komisi III sangat prihatin atas musibah ini dan menjadi perhatian,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah akan meningkatkan pendampingan hukum terhadap TKW asal Ponorogo, Rita Krisdianti (28) yang divonis hukuman gantung di Penang, Malaysia.

“Pendampingan hukum tidak berkurang, bahkan akan ditingkatkan,” kata Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Norwegia di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Retno menyatakan, pendampingan hukum tetap dilakukan dalam upaya proses pengajuan banding terhadap vonis yang dijatuhkan oleh Pengadilan tingkat pertama Penang, Malaysia.

[Sumber :Teropong Senayan]

Digiqole ad

Berita Terkait