Tahanan Ngamuk Rutan Di Bakar, 5 Tewas

 Tahanan Ngamuk Rutan Di Bakar, 5 Tewas

Ilustrasi

Jakarta, LintasParlemen.com–Lima penghuni tewas ketika terjadi kebakaran Rumah Tahanan Negara Malabero, Bengkulu, yang terjadi pada Jumat (25/3) malam.

“Satu orang dibawa ke rumah sakit umum, satu orang dibon (dipinjam) BNNP Bengkulu, sedangkan lima orang meninggal dunia karena terbakar” kata Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan HAM Efendy B Peranginangin, Sabtu (26/3/2016).

Namun Efendy belum mengetahui siapa saja tahanan yang meninggal dan kapan mereka dikembalikan ke rutan Malabero.

“Saat ini sedang diidentifikasi, nanti akan kami informasikan lagi.”

Malam Jumat (25/3) sekitar pukul 20.30 WIB, Badan Narkotika Nasional Provinsi melakukan penggeledahan di Rutan Bengkulu, namun terjadi perlawanan oleh tahanan dengan menjebol pintu hunian dan membakar seluruh blok hunian yaitu blok A, B, C kecuali blok wanita.

Isi rutan terdiri dari 259 orang tahanan. “Hingga pukul 22.45 WIB, situasi dapat dikendalikan dan dari jumlah penghuni 259 orang, saat itu yang baru dikendalikan 231 orang mengingat listrik dipadamkan.”

Pihak rutan pun memindahkan seluruh penghungi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bentiring. “Kami berkoordinasi dengan Polda dan Polres Bengkulu untuk melakukan langkah-langkah pengamanan yaitu dengan memindahkan seluruh penghuni ke LP Kelas II A Bentiring yang merupakan LP baru.”

Laporan terakhir, jumlah tahanan yang dievakuasi ke LP Bentiring, Bengkulu adalah 257 orang dari total 259 orang.

(Aktual)

Digiqole ad

Berita Terkait