FDIP UI Temui Jokowi di Istana Merdeka

 FDIP UI Temui Jokowi di Istana Merdeka

Photo:Int

Jakarta, Lintasparlemen.com–Presiden Joko Widodo menerima audiensi Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia (FDIP UI) di Istana Merdeka. Ketua FDIP UI Dr. Freddy Ndolu mengatakan pertemuan mereka membahas mengenai beberapa hal terkait isu terkini yang terjadi di Indonesia kata dia  di Jakarta Senin (28/3/2016)

Freddy menyampaikan beberapa hal yang dibahas, diantaranya pandangan FDIP UI terkait isu pemahaman visi bangsa, revolusi mental, ketahanan pangan, isu kemaritiman, serta tentang era kompetisi global.

Mengenai visi bangsa, Freddy menyampaikan pandangannya bahwa saat ini terjadi penyimpangan atau deviasi dari yang digagas oleh founding fathers Indonesia terdahulu.

Untuk itu, FDIP mengharapkan adanya kesepahaman dan penguatan pilar Pancasila terkait isu visi bangsa.

“Kami sependapat dengan presiden atau presiden sepakat dengan kami bahwa ada persolan visi bangsa yang perlu kita sama-sama, media juga, untuk kita perlu bantu arah bangsa ini mau ke mana,” kata Freddy kepada wartawan di kantor Presiden.

Lanjut Freddy, FDIP UI menyebutkan agar partai politik mengutamakan visi bangsa dengan baik. Kemudian, mengesampingkan kepentingan partai dan golongan.

“Ini kajian semua, jadi ada arah yang berbeda-beda. Arah parpol dengan ideologinya berbeda-beda kan. Nah di situ terkadang partai memperjuangan parpolnya bukan visi bangsanya,” ungkapnya.

Dan dalam pertemuan itu, menurut Freddy, Presiden Jokowi mengingatkan tentang era kompetisi, bahwa Indonesia harus siap untuk mengahadapi era  persaingan saat ini.

“Isu-isu lain beliau sampaikan tentang kompetisi yang harus kita jalankan terus, semua siap mental untuk menghadapi kompetisi apapun,” tambahnya.

Forum doktor ini merupakan wadah bagi doktor ilmu politik alumnus UI. Forum ini diharapkan mampu memberikan masukan dalam rangka membangun think tank ilmu politik bagi kepresidenan.

Dilansir dari laman setkab.go.id, dalam pertemuan yang berlangsung selama sekitar satu jam itu, Presiden Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Sementara anggota FDIP UI yang hadir pada pertemuan itu adalah: Dr. Fred Ndolu (ketua); Dr. Connie Rahakundini Bakrie (sekretaris jenderal); Dr. Donny Tjahja Rimbawan (sekretaris); Dr. Meita Istianda (bendahara); serta anggota FDIP UI Dr. Andi Zastrawati Achmad; Dr. Ibnu Khaldun Sudirman; Dr. Nurliah Nurdin; Dr. Tuswoyo; Dr. Sitaresmi S. Soekanto; Kolonel Laut Dr. Abdul Rivai Ras; Dr. A. Bakir Ihsan; Dr. Osbin Samosir; Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. Yussuf Solichien Martadiningrat; Dr. Muslim Mufti; dan Dr. Thomas Pureklolon.

(Rmol)

Berita Terkait