Kasus Saut, KPK Terus Kumpulkan Bukti

 Kasus Saut, KPK Terus Kumpulkan Bukti

Saut Situmorang

JAKARTA, LintasParlemen.com- Komisi Pemberantasan Korupsi mengumpulkan bukti terkait pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dinilai menyinggung Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

“Kalau kasusnya Pak Saut, sedang ada pulbaket (pengumpulan bahan keterangan), artinya mencoba mencari tahu apakah memang ada norma etika yang dilanggar,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Kamis (12/5/2016) kemarin.

Pada Talk Show di salah satu televisi swasta, 5 Mei 2016, Saut menyinggung sejumlah kader HMI yang terbukti korupsi saat menjadi pejabat negara.

“Dari hasil pulbaket itu kita akan menentukan apakah perlu komite etik atau tidak,” tambah Agus.

Berbeda dengan KPK yang masih mengumpulkan bukti, HMI justru sudah melaporkan Saut ke Polri. HMI dan KAHMI di seluruh Tanah Air telah menempuh jalur hukum dan tetap meminta kasus tersebut diselesaikan secara hukum, hingga ke meja hijau. Selain ke Mabes Polri, pelaporan kepada polisi terhadap Wakil Ketua KPK itu juga dilakukan secara serentak oleh 66 organ HMI dan KAHMI di Indonesia.

Laporan serentak itu dilakukan pada Senin (9/5/2016), mulai dari Bareskrim Polri, Polda hingga Polres.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB HMI (MPO), Endri Somantri mengungkapkan, pihaknya juga telah bertemu dengan Kapolri pada Kamis (12/5/2016) kemarin. mereka bertemu Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti untuk mempertanyakan dan mendesak kepada aparat kepolisian untuk segera mengusut laporan yang telah disampaikan oleh PB HMI ke Mabes Polri pada Senin, 9 Mei lalu terkait pernyataan Saut Situmorang yang diduga melakukan pencemaran dan penghinaan terhadap organisasi HMI.

“Iya benar, kami baru saja bertemu dengan Kapolri, intinya mendesak penuntasan kasus penghinaan organisasi HMI yang melibatkan Saut Situmorang,” ujar Endri ke LintasParlemen, Kamis (12/5/2016) malam.

Ketika disinggung mengenai permintaan maaf yang telah disampaikan oleh Saut terkait pernyataannya yang menyinggung kader HMI se Indonesia, Endri mengungkapkan bahwa hal tersebut sah-sah saja, namun sebagai pejabat publik, tentunya tindakan tersebut sangat tidak etis dilakukan dan tidak mencontohkan sikap sebagai penegak hukum.

“Olehnya itu kami tetap akan membawa permasalahan ini ke ranah hukum. Kami mendesak kepolisian segera melakukan pemanggilan terhadap Saut Situmorang untuk mempertanggungjawabkan tindakannya,” tegasnya.

BACA : Tuntut Penangkapan Saut, PB HMI Temui Kapolri

Seperti diketahui, pernyataan yang menyakitkan’ kader HMI diungkapkan Saut ketika menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi beberapa hari lalu. Saut mengatakan mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK I tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat.

Terkait dengan pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang itu, ribuan kader HMI menggelar aksi demo dan menuntut Saut mundur dari jabatannya.

Digiqole ad

Berita Terkait