Persiapan Pilkada DKI 2017, Ketua Bawaslu DKI: Persiapan Berjalan Baik tapi…

 Persiapan Pilkada DKI 2017, Ketua Bawaslu DKI: Persiapan Berjalan Baik tapi…

JAKARTA, LintasParlemen.Com-Pemberitaan makin santer di media terkait majunya kembali incumbent Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok)  pada ajang Pilkada DKI Jakarta yang diselenggarakan 15 Februari 2017. Banyak nama yang muncul sebagai penantang Ahok tersebut.

Namun, berita soal kesiapan penyelenggaran Pilkada Serentak 2017 itu masih sangat minim, atau bisa disebut jarang terdengar. Padahal, sukses pesta demokrasi bisa dilihat seberapa besar persiapan termasuk kesiapan fasilitas Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurut Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti, hingga saat ini pihaknya sering mengadakan rapat konsultasi dengan Pemda DKI untuk mensukseskan pemilihan orang nomor satu di ibukota tersebut. Persiapan Pilkada DKI sudah berjalan baik, tinggal beberapa persoalan yang terus dimatangkan.

Mimah mengatakan, yang kurang saat ini yakni fasilitas Pemda untuk Sekretariat Bawaslu DKI Jakarta dengan jajarannya belum tersedia. Padahal, proses Pilkada tersebut tinggal menghitung hari karena akan digelar April tahun 2016 ini.

“Pertama (yang kurang, red), kesiapan fasilitasi Pemda untuk kantor Bawaslu DKI dan jajarannnya. Dari Panwaslu Kabupaten/Kota, Kecamatan dan PPL (Pengawas Pemilihan Lapangan). Itu semua terkait kantor mereka selama bertugas nantinya,” kata Mimah saat dihubungi, Jakarta, Kamis (25/02).

“Untuk Kantor Panwaslu kab/Kota sudah keluar SK Gubernur. Jadi ada gedung yang sudah siap pakai. Tapi ada juga yang masih dalam proses perbaikan. Sedangkan  untuk Kantor Panwaslu Kecamatan dan PPL Kami menunggu jawaban secepatnya dari Pemerintah Kota. Sejauh ini, alhamdullih respon mereka positif,” ujarnya.

Bagaimana dengan anggaran untuk penyelenggaran Pilkada DKI Jakarta tersebut?

“Untuk anggaran, sudah disiapkan. Sekarang dalam proses kelengkapan administrasi dan beberapa perbaikan dalam rangka pencairan,” tandas kader PMII ini, menjelaskan. (SCA)

 

Digiqole ad

Berita Terkait