Ridwan Hisjam: Pentingnya Masyarakat Pahami Manfaat dan Resiko Tenaga Nuklir

Ridwan Hisjam: Pentingnya Masyarakat Pahami Manfaat dan Resiko Tenaga Nuklir

SHARE

MALANG – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam memaparkan pentingnya masyarakat memahami manfaat dan resiko tenaga nuklir bagi kehidupan. Bagi Ridwan energi tenaga nuklir patut digunakan kemanfaatannya.

Hal itu disampaikan Ridwan, bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) saat mensosialisasikan tentang bagaimana memanfaatkan tenaga nuklir bagi masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan yang bermata pencaharian nelayan dan petani.

“Harapannya masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir baik di bidang kesehatan, industri, penelitian, dan energi di Indonesia,” kata Ridwan dalam acara Diseminasi Iptek Pengawasan Tenaga Nuklir di Desa Jambangan, Dampit, Kabupaten Malang, Kamis (21/2/2018).

Untuk itu, Ridwan menghimbau kepada pejabat dan perangkat desa juga tokoh masyarakat untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat bahwa tenaga nuklir tidak berbahaya dan penggunaan di bidang militer saja.

“Masyarakat kita perlu disadarkan bahwa tenaga nuklir itu memiliki banyak manfaat yang harus dipahami. Sebagai contoh, tenaga energi nuklir mudahnya teknologi radiologi di bidang kesehatan,” ujar Ridwan.

Meski demikian, Ridwan menyampaikan, tenaga nuklir juga memiliki dua sisi yang berbeda. Yakni manfaat dan resiko sehingga perlu dikelola dengan baik.

“Dari manfaat dan resiko itu kita minta ke Bapeten sebagai ahli di bidang nuklir memberikan pemahaman dan prakter langsung kepada masyarakat apa itu energi tenaga nuklir,” ujar politisi Golkar asal Dapil Malang ini. (Su)

 

Facebook Comments