DPR: KNPI Cocok Dijadikan Mitra Pembinaan Olahraga di Indonesia

DPR: KNPI Cocok Dijadikan Mitra Pembinaan Olahraga di Indonesia

SHARE

JAKARTA – Ketua Komisi X DPR RI Jimmy Ijie mengapresiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam memajukan olah raga Tanah Air. Kok bisa?

Jimmy Ijie berharap olah raga di Indonesia ke depan harus mendapatkan skala prioritas pemerintah, terutama dalam pembinaan pada cabang prestasi nasional dan internasional.

Satu dari beberapa caranya, kata Jimmy Ijie, dana Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan swasta dan BUMN harus bisa dipakai untuk pembinaan prestasi olah raga atlet Indonesia. Terkhusus BUMN yang dinilainya wajib berperan aktif membiayai dan menjadi sponsor untuk pembinaan kegiatan olah raga Indonesia.

“BUMN harusnya berperan lebih aktif dalam hal membiayai keberlangsungan cabang olah raga berprestasi dan mau menjadi sponsor pembinaan kegiatan olah raga,” kata Jimmie Ijie, di Jakarta, Rabu (18/9/2019) kemarin seperti dikutip dari indopos.

Untuk dukungan dari eksternal pemerintahan, Jimmy Ijie menganggap KNPI sangat cocok dijadikan mitra pembinaan olah raga di Indonesia.

Menurut Jimmie Ijie, dalam organisasi KNPI terdapat badan kepemudaan dan olah raga. Badan ini harus lebih berperan agar bisa bersinergi dengan pemerintahan dan pemuda yang senang berorganiasi serta berjiwa sosial. Apalagi pemuda-pemuda di KNPI memiliki kemampuan dengan kapasitas yang tak bisa diragukan lagi.

“Pemuda-pemuda di KNPI ini akan sukses dan bisa memimpin bangsa Indonesia. Saya mantan aktivis Cipayung, yaitu GMNI dan melihat kepengurusan di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah sudah pas, karena mumpuni dalam pengalaman organisasi,” kata Jimmy.

Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia TB Ade Lukman juga mengharapkan hal serupa pada olah raga Indonesia. TB Ade menegaskan harus ada kerja sama yang baik dan mendapat dukungan dari steakholder terkait, baik pendanaan pembinaan atlet profesional dan event olah raga nasional serta internasional.

“Kita sebagai wadah cabang olah raga ingin sekali melihat prestasi olah raga Indonesia bersinar kembali. Banyak hal yang jadi pekerjaan rumah bersama dalamhal dunia olah raga di Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) TB Ade.

Event terdekat di bidang olah raga adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Papua yang dihelat pada 2020.

Untuk itu, TB Ade mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendukung perhelatan tersebut dan erdoa agar 2032, Bumi Pertiwi menjadi tuan rumah Olimpiade. Melihat semangat dan kapasitas KNPI, TB Ade yakin dunia olah raga Indonesia bisa maju. Sinergi DPP KNPI dan KONI Pusat, kata TB Ade harus diperkuat lagi untuk memajukan olah raga Indonesia.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih bisa bersama pemuda KNPI yang dinahkodai Noer Fajriansyah dalam halmemajukan olah raga Indonesia,” ungkap TB Ade.

Ketua Bidang Olahraga DPP KNPI Dewi Batubara memastikan Indonesia sudah seharusnya menjadi negara yang disegani dalam hal prestasi. Sektor swasta dan BUMN harus didorong agar berpran lebih dalam memajukan olah raga Indonesia.

“Jangan ada kasus seperti PB Djarum kemarin yang hampir saja mematikan impian dan cita-cita atlet muda untuk berprestasi karena terkadala dana dan lain sebagainya,” kata Dewi Batubara.

Dewi menilai, dunia olah raga sudah banyak mengharumkan nama bangsa Indonesia. Lagu Indonesia Raya serta bendera Merah Putih bisa berkibar di negara manapun.

“Sudah sepatutnya atlet yang berjerih payah dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia mendapat perhatian yang lebih. Seperti kesejahteraan mantan atlet dan pekerjaan atlet setelah gantung sepatu,” jelas Dewi.

Oleh karena itu sudah sepatutnya juga keringan dan jerih payah kerja keras Atlit yang telah mengarumkan nama Indonesia kedepan harus lebih di perhatikan lagi, seperti mantan mantan Atlet prihal Kesejateraan dan pekerjaan setelah tidak menjadi Atlet lagi, Baik Atlet Nasional maupun di Daerah. Tahun 2020 ada PON Provinsi Papua, mari kita sama-sama sebagai anak bangsa mendukung dan mensukseskan ivent olahraga 5 tahunan tersebut. (indopos)

Facebook Comments