Hermanto Adakan Lagi Bimtek, Kali Ini untuk Petani Solok

Hermanto Adakan Lagi Bimtek, Kali Ini untuk Petani Solok

BERBAGI

Solok – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto, Ahad (12/9/2021), membuka kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Pendampingan Pengelolaan Bantuan Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Mendukung Pengawalan Percepatan Pelaksanaan Program dan Kegiatan PSP di Gedung Serbaguna Barokah, Cubagan Muaropaneh, Kabupaten Solok. Kegiatan ini diikuti 80 peserta yang yang terdiri dari petani dan penyuluh.

“Saat ini Indonesia mendapatkan bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif jauh lebih banyak dibandingkan yang tidak produktif. Bonus demografi ini harus berhasil ditangani dengan baik. Kalau gagal, maka kita kehilangan momentum tersebut,” papar Hermanto dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Sebagian kaum muda tersebut, lanjutnya, diharapkan tertarik untuk fokus menekuni sektor pertanian. “Negara butuh petani milenial untuk keberlanjutan dan kemajuan sektor pertanian,” ujar legislator dari FPKS DPR RI ini.

Untuk menarik minat para milenial tersebut, katanya, negara merancang pengelolaan sektor pertanian dengan teknologi tinggi.
“Untuk membajak disediakan mesin bajak atau traktor. Untuk menanam disediakan mesin tanam atau transplanter. Untuk memanen disediakan mesin panen atau combine harvester. Serta masih banyak alat dan mesin pertanian lainnya yang berteknologi tinggi,” papar Hermanto.

“Dengan berbagai teknologi tersebut muncul kesan bertani itu bergengsi. Dengan demikian diharapkan tidak ada alasan bagi milenial untuk tidak menekuni sektor pertanian,” tambahnya.

Melalui kegiatan bimtek kali ini, katanya, para petani khususnya milenial dibekali pengetahuan terkait input teknologi di sektor pertanian. “Kegiatan ini merupakan upaya negara untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas keilmuwan petani. Negara berharap, kedepan pertanian di Indonesia dikelola oleh para petani secara profesional,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Si Is, Ketua KTNA Alnajmi M Gafar dan tokoh muda setempat Roi Yurnades. (joko)

Facebook Comments