Hermanto Serahkan APD, Bibit Produktif dan Puluhan Alsintan ke Petani

Hermanto Serahkan APD, Bibit Produktif dan Puluhan Alsintan ke Petani

BERBAGI

PESISIR SELATAN – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Pesisir Selatan berkeliling menyerahkan berbagai bantuan Pemerintah kepada masyarakat. Bantuan yang diserahkan tersebut berupa 35 paket APD petugas pengelola limbah B3 RSUD M. Zein, 6000 bibit buah-buahan, 46 unit alat dan mesin pertanian senilai Rp. 3,046 milyar dan 1 paket program Pekarangan Pangan Lestari senilai Rp. 60 juta.

“Dampak dari Pandemi Covid-19 sudah tampak nyata berupa limbah buangan yang kita sebut dengan sampah infeksius. Sampah ini bisa menjadi agen penularan virus corona kepada orang sehat,” papar Hermanto.

Karena itu, lanjutnya, sampah ini harus dikelola dengan serius dengan anggaran khusus covid. “Pengadaan APD ini merupakan salahsatu realisasi anggaran penanganan covid tersebut,” ucap legislator FPKS dari dapil Sumbar 1 ini.

Satu paket APD (alat pelindung diri) terdiri dari baju, gogle, handschoen, sepatu boot, masker N95, faceshield, cover shoes, masker bedah dan nursing cup. Selain APD, kepada RSUD tersebut diserahkan juga 5 unit drop box limbah B3 dan 1200 lembar plastik pengumpul limbah B3.

Lidia Defianti, mewakili Direktur RSUD Muhammad Zein Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih atas berbagai bantuan tersebut. “Berbagai bantuan paket tersebut sangat membantu RSUD kami dalam menghadapi serangan Covid gelombang kedua. Bantuan ini sudah ada yang kami gunakan,” ucapnya.

Lidia mengungkapkan, saat ini ada 18 perawat positif covid. “Anggaran kami minim. Karena itu kami sangat butuh bantuan agar tetap dapat beraktivitas,” tuturnya.

Selain kepada RSUD M. Zein, bantuan serupa telah juga diserahkan kepada 4 RSUD lain di Sumatera Barat. Empat RSUD tersebut adalah RSUD dr. Rasidin Padang, RSUD M. Natsir Kota Solok, RSUD Arosuka Kabupaten Solok dan RSUD Kabupaten Solok Selatan.

Bibit buah-buahan yang diserahkan adalah durian, alpukat, jambu madu dan mangga. Sedangkan alat dan mesin pertanian yang diserahkan berupa: mesin panen besar multiguna, mesin perontok padi, mesin perontok multiguna, mesin pemipil jagung, traktor roda-4, traktor roda-2, mesin tanam, cultivator, pompa air dan handsprayer. Adapun satu paket program Pekarangan Pangan Lestari diserahkan kepada Kelompok Wanita Tani Mawar Sakato.

Hadir mendampingi Hermanto dalam rangkaian kegiatan tersebut anggota DPRD Pesisir Selatan Feby Rifli serta 2 tokoh muda Irwan Gunawan dan Eko Kurniawan. (joko)

Facebook Comments