Kegiatan Safari Gemarikan: Upaya Negara Mempromosikan Pentingnya Makan agar Masyarakat Tumbuh Sehat...

Kegiatan Safari Gemarikan: Upaya Negara Mempromosikan Pentingnya Makan agar Masyarakat Tumbuh Sehat Kuat Cerdas

BERBAGI

PADANG – Anggota DPR RI dari dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan berkeliling membagikan 1000 paket ikan tuna bantuan pemerintah dalam kegiatan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Paket-paket ikan tersebut diserahkan kepada masyarakat di 11 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

“Kegiatan Safari Gemarikan ini merupakan upaya negara mempromosikan pentingnya makan ikan agar masyarakat tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Targetnya, terjadi peningkatan konsumsi ikan per kapita dari tahun ke tahun,” papar Hermanto.

Di era pandemi Covid saat ini, katanya, makan ikan menjadi sangat penting. “Dengan makan ikan dapat meningkatkan antibodi. Antibodi ini yang membuat tubuh memiliki daya tahan terhadap berbagai serangan penyakit termasuk virus corona,” ucap legislator dari FPKS ini.

Penyerahan paket ikan, lanjutnya, merupakan stimulus. “Dengan stimulus itu selanjutnya para penerima diharapkan bersedia mengkonsumsi ikan secara rutin sesuai dengan kondisi keuangan keluarga masing-masing,” ujar Hermanto.

Ada 2 jenis paket ikan yang dibagikan. Pertama, paket yang berisi tuna beku, abon tuna, rendang tuna, kaos, dan brosur manfaat ikan bagi kesehatan. Kedua, paket yang berisi tuna beku, abon ikan, baso ikan, pempek ikan, kaos, dan brosur.

“Paket tersebut semoga memberikan kesan yang mendalam terhadap penerima sehingga siap melanjutkan program Gemarikan secara mandiri dan bersemangat mensosialisasikan ke masyarakat lainnya,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR ini.

Seribu paket ikan tersebut secara simbolis dibagikan di 6 titik yaitu di Padang (untuk masyarakat Padang dan Pesisir Selatan), Kota Solok (untuk masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan), Sijunjung (untuk masyarakat Sijunjung dan Sawahlunto), Dharmasraya, Tanah Datar (untuk masyarakat Tanah Datar dan Padang Panjang) dan terakhir di Padang Pariaman.

Pada pembagian paket di Padang, hadir juga Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Trisna Ningsih, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Yosmeri, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muharlion dan tokoh muda Dede Suhendi.

Di Kota Solok, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, pejabat Dinas Pangan dan Perikanan Kota Solok Regensi serta tokoh muda setempat Indra, Roy Yurnandes dan Effendi Muharom.

Di Sijunjung, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung Nizam Muluk serta tokoh muda setempat Hendri Susanto dan Kepridaus.

Di Dharmasraya, hadir juga Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Trisna Ningsih, pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya Purwanto serta tokoh muda setempat Widiyatmo dan Suparto.

Di Tanah Datar, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Hilmi, Camat Limo Kaum Hendra Setyawan serta tokoh muda setempat M. Adib Fadil, Firdaus Agus dan Ade Raunas. (Joko)

Facebook Comments