Kunjungi Dapil, Hermanto Tinjau Penerima Bantuan UPPO Berprestasi

Kunjungi Dapil, Hermanto Tinjau Penerima Bantuan UPPO Berprestasi

BERBAGI

SOLOK – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan berkesempatan mengunjungi kelompok tani Aliran Batang Suliti, Jorong Sungai Ari Sawahlaweh, Nagari Persiapan Pakan Rabaa Selatan, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan. Kelompok ini dipandang berhasil mengelola program unit pengolahan pupuk organik (UPPO) yang diterimanya tahun 2019.

“Saya memberikan apresiasi kepada kelompok tani Aliran Batang Suliti yang sejauh ini berhasil mengelola bantuan negara berupa program UPPO. Saya berharap prestasi ini dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ujarnya.

Apresiasi itu diberikan setelah melihat sendiri pupuk organik yang dihasilkan dan jumlah sapi yang sudah bertambah. Pupuk organik yang dihasilkan dijual ke anggota kelompok dan bukan anggota kelompok. Untuk anggota dijual Rp. 12 ribu per karung. Untuk bukan anggota dijual Rp. 20 ribu per karung.

“Kelompok melaporkan telah berhasil menjual pupuk organik senilai Rp. 1,35 juta. Sedangkan jumlah sapi bertambah 2 kali lipat, semula 8 ekor menjadi 16 ekor,” ungkap Hermanto.

Lebih jauh Hermanto menjelaskan, dana Program UPPO ini berasal dari negara. Ini berarti, kelompok penerima UPPO dipercaya untuk menjalankan tugas negara. “Penerima program UPPO ditargetkan menjadi produsen pupuk organik yang bahan baku utamanya adalah kotoran sapi. Dengan pupuk organik ini diharapkan tanah pertanian di kawasan tersebut terjaga kesuburannya,” papar legislator FPKS ini.

“Sejauh ini Kelompok Aliran Batang Suliti berhasil menjalankan target tersebut,” ucap Hermanto.

Selain bisa mencapai target utama berupa produksi pupuk organik, kata Hermanto, kelompok ini juga mendapatkan bonus berupa tambahan 8 ekor sapi karena serius mengelola program UPPO.

“Anak-anak sapi yang lahir itu bisa dijual sebagai tambahan penghasilan bagi yang merawatnya”, jelasnya.

Keberhasilan tersebut mengindikasikan bahwa kelompok ini kompak dan semangat. “Kalau kelompok kompak, semangat, disiplin dan sabar maka saya yakin program UPPO ini akan bisa mensejahterakan semua anggotanya”, pungkas legislator Anggota Komisi IV DPR ini.

Hadir mendampingi Hermanto dalam kegiatan ini Ketua DPD PKS Ari Hendratno, anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan Dedi Arisandi dan tokoh muda setempat Effendi Muharram. (Joko)

Facebook Comments