‘Masih Banyak Persepsi Masyarakat TKI Itu PRT, Padahal…’

‘Masih Banyak Persepsi Masyarakat TKI Itu PRT, Padahal…’

SHARE
Anggota Komisi IX DPR RI Sri Wulan saat menyampaikan sosialisasi ketenagakerjaan di Indonesia

GROBOGAN – Berbicara Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri adalah pahlawan. Meski sebagian orang menilai TKI pekerjaan tidak menarik. Tahu kalian bahwa mereka adalah manusia mulia yang mempunyai niat suci mencari nafkah halal bagi keluarga meski dari mereka jadi korban tipu daya orang-orang yang licik.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Sri Wulan saat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan tema “Peluang Kerja Ke Luar Negeri Dan Migrasi Aman” di Balai Desa Kedungrejo, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (27/1/2018) lalu.

“Masih banyak persepsi masyarakat bahwa TKI menjadi Pembantu Rumah Tangga (PRT). Padahal peluang kerja di luar negeri tidak hanya sebagai PRT, melainkan juga peluang di bidang lain. Namun calon TKI harus meningkatkan kualitas keahlian untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri,” jelas Wulan.

Untuk itu, Wulan yang juga politisi Gerindra ini berharap pada pemerintah melalui agen mereka untu memberikan bekal skill pada calon TKI sebelum diberangkatkan.

“Setiap TKI harus memiliki skill yang mumpuni agar kisah yang dibawa pulang ke Tanah Air bisa menjadi kenangan yang manis, akan terus diingat sepanjang hayat,” ujar Wulan

“Sekali lagi, kami meminta kepada pemerintah agar para calon TKI diberi pelatihan maksimal dan bagi para eks TKI mendapatkan pembinaan sehingga tetap bisa produktif meski tidak bekerja di luar negeri lagi,” sambungnya. (Hamdis)

Facebook Comments
Baca juga :   Komisi VIII DPR Kunjungi Pengungsi Gunung Agung Bali