SHARE
Ketua Umum DPP KNPI 2015-2018 Muhammad Rifai Darus bersama Kepala BNN Budi Waseso

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke XIV yang berlangsung sejak tanggal 24 Februari lalu telah berhasil mencatatkan sejarah emas bagi Pemuda Indonesia. Pasalnya, Kongres KNPI itu dilaksanakan di tanah Papua.

Catatan tinta emas Pemuda Indonesia tak hanya sampai di situ, sesuatu yang indah bagi menetapkan pemimpin baru KNPI tercatat di Jayapura, Papua. Yakni Muhammad Rifai Darus, pemuda asal Papua yang akhirnya mengemban tanggung jawab sebagai Ketua Umum DPP KNPI.

Hebatnya lagi, dalam proses pemilihan yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 1 Maret 2015 dini hari tersebut, Rifai Darus mengungguli saingan terkuatnya Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Nasdem Ahmad Sahroni.

Di mana sebelumnya bursa pemilihan Ketua Umum KNPI diramaikan oleh 8 kandidat yaitu Ahmad Sahroni, Muhammad Rifai Darus, M Guntur, Maruli Silaban, Arif Mustofa, Arnold Udam, Bintang Prabowo, dan Abidam C Yadash. Itu artinya, semua tumbang atas nama ‘Ini Papua’.

Muhammad Rifai Darus yang terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang juga merupakan putra daerah Papua terpilih ‘sesuatu banget’.

Ketua Umum DPP KNPI 2015-2018 Muhammad Rifai Darus saat pelantikan
Ketua Umum DPP KNPI 2015-2018 Muhammad Rifai Darus saat pelantikan

Pada pemilihan yang berlangsung dalam dua putaran itu sangat menegangkan. Karena pada putaran pertama, Rifai dan Sahroni meraih suara terbanyak pertama dan kedua. Sesuai aturan pemilihan Ketum DPP KNPI, harus ada calon yang mencapai 50 persen tambah 1 sehingga dilanjutkan pada putaran kedua.

Pada putaran pertama, Rifai meraih 88 suara dari total 184 pemilik suara. Sementara Sahroni meraih 80 suara dan Arif Mustofa hanya meraih 9 suara, Bintang Prabowo 4 suara, M Guntur 2 suara, dan Maruli Silaban 1 suara. Adapun Arnold Udam dan Abidam C Yadash tak satu pun suara diraihnya. Dan satu suara dinyatakan abstain.

Baca juga :   KNPI Minta “Sense of People” DPR Tidak Tumpul

Saat memasuki putaran kedua, suasana kembali berlangsung tegang. Secara tiba-tiba sejumlah peserta kongres bersuara lantang dengan menyalahkan presidium sidang. Kondisi itu tak berlangsung lama dan mereda saat Arif Mustofa, kandidat peraih suara terbanyak ketiga dan Bintang Prabowo peraih suara terbanyak keempat angkat suara dengan menyatakan mendukung kandidat Rifai Darus.

Keduanya, Arif dan Bintang beralasan bahwa Rifai merupakan calon pemimpin bangsa yang sarat pengalaman organisasi. Hal itu sangat bertolak belakang dengan Sahroni yang minim pengalaman di organisasi KNPI.

Adalah Safaat Perdana selaku ketua presidium sidang melanjutkan tahapan kongres pada agenda berikutnya dengan penyampaian visi dan misi oleh dua kandidat yang meraih suara terbanyak.

Setelah dilakukan pemilihan putaran kedua, hasilnya dari total 184 pemilik suara, Rifai unggul dengan selisih perolehan suara cukup besar yakni 121 suara bagi Rifai Darus dan Sahroni 63 suara.

Ketua Umum DPP KNPI 2015-2018 Muhammad Rifai Darus diwawancarai para jurnalis
Ketua Umum DPP KNPI 2015-2018 Muhammad Rifai Darus diwawancarai para jurnalis

Berjalannya waktu kepengurusan, berbagai kegiatan dilakukan oleh DPP KNPI di bawah kepemimpinan Muhammad Rifai Darus. Saking aktifnya, bahkan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) kala itu mengapreasikan dukungannya pada alumni PMII itu bersama Sekretaris Jenderal Sirajuddin (Sekjen) Abdul Wahab.

Pernyataan Akom itu disampaikan di sela-sela acara diskusi tentang RUU Tax Amnesti yang diselenggarakan DPP KNPI, di Hotel Mandarin Jakarta, Rabu (22/06/2016) lalu sebagai respon atas dualisme kepengurusan KNPI saat ini.

Pada kesempatan itu, Akom meminta, para aktivis pemuda termasuk anggota KNPI harus siap menang dan siap kalah dalam menghadapi setiap pertarungan politik. Di mana pihak yang tidak siap kalah, dan hanya siap menang, kata Akom sebagai pihak yang menggerogoti KNPI.

“Terlepas dari kekurangan, kita harus siap menang, siap kalah. Gak boleh siap menang doang, politik itu mati bisa berkali-kali, hidup bisa berkali-kali,” ujar Akom yang pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP KNPI ini.

Baca juga :   NKRI, Berkah yang Harus Dijaga!

Sementara Ketua Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Adhe Musa said mengaku dirinya hanya mengakui keabsahan hasil kongres DPP KNPI Kota Jayapura, Papua yang memilih Rifai Darus. Dan pihaknya tidak pernah mengakui eksistensi KNPI di bawah kepemimpinan saudara Fad El Rafik.

Tanggapan Soal Penistaan Agama

Terkait episode kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok terus berlanjut hingga hari ini. Namun, hari demi hari berlalu, konten dari ‘skenario sinetron’ itu sepertinya keluar dari subtansi yang sebenarnya.

Hal tersebut juga disadari oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Muhammad Rifai Darus. Bahkan Rifai menyebutkan bahwa kaum elit Indonesia telah mempertontonkan pada rakyat berbagai dagelan politik yang makin ambigu.

“Tanpa kita sadari, saat ini rakyat sedang dipertontonkan oleh elite bangsa ini mulai dari Yang Mulia bapak Presiden, Bapak Kapolri, Bapak Panglima TNI, para ketua Umum Parpol, bahkan yang Mulia Para Tokoh-tokoh agama dan tokoh bangsa lainnya,” kata Rifai seperti yang disampaikan pada halaman Facebooknya.

Pemuda dan Narkoba

Beberapa waktu lalu, DPP KNPI diundang untung hadiri undangan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba bersama Presiden RI dan Kepala BNN.

“Narkoba adalah musuh kita bersama, mari kita hadapi dan dimulai dari diri sendiri,” kata Rifai.

“DPP KNPI siap menjadi Garda Terdepan Pemberantasan penggunaan dan pengedar Narkoba,pastinya seluruh pengurus DPP KNPI siap dites,” sambungnya

Maju terus bersama BNN kita selamatkan masa depan generasi muda Indonesia.

Kami siap….. bagaimana dengan Anda tokoh2 pemuda?

#banggajadipemudaindonesia
#MRD

Profil Rifai Darus, SH
Nama Lengkap : Rifai Darus, SH
Tempat, Tanggal Lahir: Jayapura, 8 Juni 1976

Baca juga :   Berikut Biodata KH Hasyim Muzadi

Riwayat Pendidikan
MI Ash-Shalihin Abepura Jayapura – 1988
SMPN-4l PS.Minggu Jakarta Selatan -1991
MA Al-Muayyad Surakarta – 1994
Fakultas Hukum Universitas Cendrawasih 2006

Riwayat Organisasi
Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua 2011-2016
Ketua Pengrov Taekwondo Indonesia 2010-2014, Jayapura
Pembina Papua Corruption Watch (PCW)
Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua
Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua
PW Lembaga Kajian & Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Papua
Wakil ketua Majelis Muslim Papua
Ketua Center for Indonesia Development Review (CIDEV)
Ketua Asosiasi Pemasok Energi & Batubara Indonesia (Aspebindo) Papua
Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Papua
Riwayat Karir/Pekerjaan
Direktur Utama PT. Harakatuna, Jayapura
Komisaris Utama PT. Karya Bhakti Energi, Jakarta
Dirut PT. Putra Papua Mandiri, Jakarta (diolah dari berbagai sumber)

Facebook Comments