RESENSI BUKU: Ideologi Partai Politik

RESENSI BUKU: Ideologi Partai Politik

BERBAGI

RESENSI BUKU – Sejak reformasi 1998 dinamika politik di Indonesia memasuki era baru. Termasuk actor politik dan institusi bermunculan kembali memainkan peran di dalam partai politik. Melalui buku ini pembaca mampu memahami kultur politik local di Indonesia dengan mengeksplorasi tren suara demokratisasi.

Khususnya saat keluarnya UU Otonomi Daerah pertarungan kepentingan politik dalam perencanaan dan implementasi kebijakan pembangunan pada akhirnya harus dilakukan dengan cara-cara kompromi antara eksekutif sebagai pengguna anggaran dengan legislatif sebagai pihak yang membahas, menentukan, dan mengawasi anggaran. Sayangnya, kompromi-kompromi politik itu kerap menjauhkan dari cita-cita dan aspirasi rakyat.

Dalam buku ini memuat secara gamblang bagaimana ideologi dan kebijakan-kebijakan program Partai Politik itu diuji; benarkah telah berpihak kepada wong cilik? Memotret fenomena politik nasional kontemporer dengan berpijak pada analisis kasuistik, politik lokal yang terjadi di Kabupaten Subang.

Buku ini juga ditulis dengan bahasa yang populer, penulis menyajikannya dengan metodologi yang akurat, sehingga membuat buku ini layak menjadi referensi utama para pengampu kebijakan.

Buku ini membuka cakrawala kita tentang bagaimana seni dalam berpolitik ketika sesorang menduduki tampuk kekuasaan, Bagaimana seharusnya ia mampu bermain cantik dengan partai koalisi dan mengatur strategi dengan partai oposisi. Ini semua dikupas secara gamblang dengan bahasa yang mudah dipahami.

Adalah Dr. Ujang Komarudin, merupakan Doktor Ilmu Politik UI ke-50 di usia yang sangat muda. Saat ini sebagai Staf khusus Ketua DPR RI dan menjadi Dosen Tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Aktif menjadi narasumber berbagai seminar dan dialog politik, seperti Panelis Aktif di Metro TV pada acara ‘Pentas Kandidat Ketua DPR RI’ tahun 2004 dan di TVRI dalam ‘Dialog Pemuda Indonesia’ yang diselenggarakan oleh DPP KNPI tahun 2005. Karir organisasinya mulai sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Senat Fakultas Syari’ah UIN Bandung,

HMI Cabang kab. Bandung, Komite Nasional Pemuda Indonesia Jakarta, Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri dan Politik Internasional MASIKA ICMI Pusat, Wakil Sekjen DPP Wirakarya Indonesia, Wakil Sekjen Depinas SOKSI, dan Tim Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Fokus Parlemen.

Facebook Comments