Universitas di Indonesia Kalah Bersaing, DPR Salahkan Pemerintah

 Universitas di Indonesia Kalah Bersaing, DPR Salahkan Pemerintah

Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra Sutan Adil Hendra

JAKARTA, LintasParlemen.com–Miris memang melihat kondisi dunia pendidikan di Indonesia. Pasalnya, universitas sekelas Universitas Indonesia (UI) hanya masuk dalam daftar 800 perguruan tinggi terbaik dunia.

Data tersebut kalah dari universitas di Asia Tenggara versi media Inggris Times Higher Education (THE) World University Rankings 2015-2016.

Lebih mirisnya lagi, dalam rilis Rabu, 30 September 2015 lalu itu, UI hanya menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk daftar itu.

Sebagai perbandingan, UI dinobatkan sebagai peringkat pertama kampus di Indonesia dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Dari data itu, UI hanya meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia.

Menanggapai penurunan nilai prestasi itu, Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra angkat bicara agar Pemerintah, khususnya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk meningkatkan ranking Perguruan Tinggi Indonesia, masuk 500 perguruan tinggi terbaik di dunia.

Sutan kecewa prestasi perguruan tinggi di dalam negeri belum bisa dibanggakan untuk bersaing. Jangankan di dunia, di Asia Tenggara saja Indonesia kalah bersaing.

“Sangat mengecewakan. Universitas kita belum bisa kita banggakan. Masa universitas kita belum masuk ke terbaik dunia,” kata Sutan saat dihubungi Lintasparlemen.com, Ahad (14/02) malam.

 “Kita memang perlu fokus. Perlu terus membenahi, kita dorong pemerintah melakukan langkah-langkah membenahi semuanya. Kita inginnya, pak Menteri punya pola pikir besar untuk pendidikan,” lanjut Sutan. (SCA)

Digiqole ad

Berita Terkait