Cucun: Pemerintah Punya Peran Strategis dalam Pembangunan Indonesia

Cucun: Pemerintah Punya Peran Strategis dalam Pembangunan Indonesia

BERBAGI

JAKARTA – Pemerintah daerah (pemda) merupakan garda terdepan dalam pembangunan nasional. Perannya sangat strategis dan penting. Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menilai, di masa pandemi ini pemda juga ikut andil menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pemerinrah daerah memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam pembangunan Indonesia, bahkan Pemda merupakan garda terdepan dalam pembangunan nasional,” kata Cucun saat memimpin Rapat Kerja Banggar DPR RI  dengan pemerintah yang membahas Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Cucun berharap, di masa pandemi ini peran pemda semakin kuat dalam PEN. Pemda dan pemerintah pusat, sambungnya, dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi nasional. “Penguatan peran dan fungsi pemda dipengaruhi besarnya anggaran yang tersedia, sehingga pelaksanaan berbagai program percepatan pembangunan ekonomi dapat terlaksana secara baik dan efisien,” ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Cucun mengapresiasi pemerintah yang selama 2019-2021, TKDD secara umum mengalami peningkatan. Ini wujud komitmen dalam mendukung program pemerintah dan pembangunan di daerah serta mencapai pembangunan prioritas nasional. Walaupun TKDD 2020 sempat mengalami kontraksi minus 6,21 persen karena kebijakan realokasi dan refocussing anggaran, namun secara rata-rata TKDD 2020 tumbuh positif 4,33 persen per tahun dengan porsi TKDD rata-rata 5,27 persen terhadap PDB. (dpr.go.id)

Facebook Comments