DPR Dorong Pemerintah Beri Beasiswa Anak Berprestasi

 DPR Dorong Pemerintah Beri Beasiswa Anak Berprestasi

Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra Sutan Adil Hendra

JAKARTA, LintasParlemen.com- Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra menilai, minimnya perguruan tinggi Indonesia yang belum masuk jajaran universitas terbaik dunia, disebabkan banyak faktor.

Menurut Sutan Adil, beberapa faktor yang harus dimiliki perguruan tinggi di Indonesia sehingga mampu bersaing dengan partisipasi pemerintah untuk membangun pendidikan yang berkesinambungan dan terarah.

“Seharusnya, dimulai dari pada pendidikan anak usia dini (PAUD), hingga Perguruan Tinggi itu anak pintar berpotensial tidak boleh putus. Karena pendidikan ini tidak pernah murah, tidak pernah gratis, kasihan anak-anak yang punya prestasi, orang tuanya tidak mampu membiayai,” ujar Sutan saat dihubungi, Senin (15/02) kemarin.

Alasan itu, politisi asal dapil Jambi ini mendorong agar Pemerintah punya perhatian khusus kepada pendidikan anak-anak berprestasi yang tidak berkemampuan biaya.

“Kita minta perhatian khusus pemerintah agar terus mendorong anak-anak berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya yang memiliki semangat tinggi tapi tak ada biaya dari keluarga,” usulnya.

Seperti diwartakana, kondisi dunia pendidikan di Indonesia jadi perhatian khusus Komisi X DPR setelah universitas sekelas Universitas Indonesia (UI) hanya masuk dalam daftar 800 perguruan tinggi terbaik dunia.

UI kalah dari universitas di Asia Tenggara versi media Inggris Times Higher Education (THE) World University Rankings 2015-2016.

Lebih mirisnya lagi, dalam rilis Rabu, 30 September 2015 lalu itu, UI hanya menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk daftar itu.

Sebagai perbandingan, UI dinobatkan sebagai peringkat pertama kampus di Indonesia dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Dari data itu, UI hanya meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia. (SCA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Digiqole ad

Berita Terkait