Hermanto Minta Milenial Pahami Nilai dan Sejarah Lahirnya Pancasila

Hermanto Minta Milenial Pahami Nilai dan Sejarah Lahirnya Pancasila

BERBAGI

TANAH DATAR – Anggota MPR RI Hermanto menilai, saat ini generasi milenial menghadapi tantangan arus informasi digital global dengan berbagai macam informasi yang masuk tanpa melalui instrumen penyaring. Dampaknya terbentuk pola pikir dan gaya hidup yang sangat berbeda dengan yang dicita-citakan para pendiri bangsa yaitu beradab, sopan santun, dialogis, menghormati orang lain, menjaga etika dan moral.

Hal tersebut disampaikan Hermanto pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ruang Pertemuan Restoran Angin Berembus, Ombilin, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar belum lama ini.

Lebih jauh Hermanto meminta generasi milenial agar memiliki pemahaman yang benar dan kuat terhadap nilai dan sejarah lahirnya Pancasila.

“Hal tersebut penting guna menumbuh suburkan rasa kebangsaan ditengah semakin kuatnya arus informasi global yang dapat mempengaruhi gaya hidup permisivisme dan individualisme yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keadaban dan keguyuban bangsa Indonesia,” papar legislator dari FPKS ini.

“Sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab merupakan karakter bangsa Indonesia yang mesti melekat dan menjadi perilaku kehidupan sehari hari bagi anak bangsa untuk menguatkan kohesivitas sosial,” tambah Hermanto.

Menurut Hermanto, ditengah keringnya nilai-nilai spiritualitas akibat globalisasi informasi yang sangat bebas tanpa instrumen penyaring tersebut, sejatinya Negara memiliki tugas dan kewajiban untuk membentengi dan melindungi rasa kebangsaan generasi milenial agar tidak kehilangan semangat juang mempertahankan NKRI.

“Salahsatu caranya dengan mengintensifkan dan terus menerus melakukan sosialisasi empat pilar kepada generasi milenial,” pungkas legislator dari dapil Sumbar I ini. (Joko)

Facebook Comments