HMI Cabang Jakarta: Harkitnas Momentum Satukan Visi Kebangsaan

HMI Cabang Jakarta: Harkitnas Momentum Satukan Visi Kebangsaan

BERBAGI
Ketum HMI Cabang Jakarta Riduan Syah

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada tanggal 20 Mei, merupakan momentum tepat untuk menyatukan kembali visi kebangsaan seluruh elemen bangsa. Kondisi bangsa Indonesia saat ini, bila ditinjau dari dinamika sosial politik sudah mulai rentan terhadap konflik horizontal.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jakarta, Riduan Syah, mengatakan bahwa demokrasi Pancasila seringkali disalah tafsirkan oleh sebagian elemen bangsa. Padahal kita ketahui, sambungnya, bahwa Pancasila merupakan imunitas terhadap sistem demokrasi yang sedang kita bangun di Negara yang kita cintai ini.

“Kejelian pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, hemat saya lebih sejuk bila selalu melalui pendekatan dialogis terhadap kelompok-kelompok yang berbeda pemahaman, baik itu terhadap ideologi Negara maupun terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil,” ungkapnya dalam press release yang diterima lintasparlemen.com, Jakarta (20/5/2017).

Masyarakat Indonesia saat ini, ujar Riduan Syah, sudah mulai kritis menyikapi setiap dinamika kebangsaan yang ada. Sehingga, jelasnya, pendekatan-pendekatan pemaksaan atau bahkan membungkam suara-suara kritis terhadap pemerintah, akan menciderai jalannya demokrasi.

“Celakanya acapkali Pancasila dijadikan tameng atas hal-hal tersebut, ini menurut saya sudah salah kaprah,” pungkasnya. (JAY)

Facebook Comments