AHYSowanJateng AHY Berburu Oleh-oleh Getuk Goreng Khas Sokaraja

AHYSowanJateng AHY Berburu Oleh-oleh Getuk Goreng Khas Sokaraja

SHARE
Keakraban Agus H Yudhoyono dengan santriwati

BANYUMAS – Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih satu jam dari Banjarnegara, Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti

Yudhoyono (AHY) tiba di Sokaraja, Banyumas. AHY dan rombongan menyempatkan diri untuk berburu oleh-oleh getuk goreng khas Sokaraja, di Getuk Goreng Asli Haji Tohirin. Sabtu (14/4) sore.

Berdiri sejak tahun 1918, Getuk Goreng Asli Haji Tohirin memang menjadi pelopor berdirinya toko-toko getuk di Sokaraja. Dibuat dari singkong yang tumbuh di tanah Wonosobo dengan menggunakan gula aren pilihan dari Banyumas, dan digoreng dengan minyak pilihan serta tanpa bahan pengawet apapun, membuat cita rasa getuk goreng Asli Haji Tohirin menjadi sangat khas.

“Wah, enak sekali. Mantap ini. Semua orang harus coba nih,” tutur AHY sambil mencicipi getuk goreng.

Seluruh anggota rombongannya kemudian mencicipi getuk yang disajikan, sambil juga berbelanja oleh-oleh. Bukan hanya getuk goreng, AHY pun berkesempatan mencicipi getuk basah yang ditaburi kelapa sebelum membelinya.

“Bu, saya mau ini ya, dibungkus buat nemenin saya di bis selama perjalanan,” tutur AHY sambil terus memakan getuk goreng yang disajikan.

Kepada awak media, AHY menyampaikan harapannya agar dunia usaha dan UMKM daerah bisa terus mempopulerkan makanan khas daerahnya. “Saya harap ini bisa terus semakin berkembang pelaku dunia usaha, UMKM, termasuk juga yang sudah lebih besar lagi, agar bisa terus mempopulerkan makanan atau kuliner khas Banyumas. Tidak hanya getuk goreng, tadi juga ada getuk basah, dan tempe mendoan. Mudah-mudan semuanya semakin sukses,” tutup AHY.

Kabupaten Banyumas adalah Kabupaten ke-13 yang dikunjungi AHY dalam rangkaian acara #AHYSowanJateng. (dna/csa)

Facebook Comments
Baca juga :   Ridwan Hisjam Dukung Terbentuknya Provinsi Madura