Begini Penampakan Kunjungan Kerja Anggota DPR Dapil Sumbar

Begini Penampakan Kunjungan Kerja Anggota DPR Dapil Sumbar

BERBAGI

PADANG – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan berkesempatan menyerahkan Program Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang PeSoNa) bantuan Pemerintah kepada masyarakat sekitar hutan di Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok Selatan. Bantuan diberikan kepada 6 kelompok masyarakat di Sijunjung dan 4 kelompok masyarakat di Solok Selatan. Satu kelompok menerima bantuan Rp. 50 juta.

“Bantuan Program Bang PeSoNa ini merupakan wujud perhatian negara kepada masyarakat yang tinggal di sekitar hutan,” ucap Hermanto.

Bantuan Rp. 50 juta tersebut, jelasnya, setengahnya bisa dibelikan ternak kambing atau sapi dan setengahnya lagi wajib dibelikan tanaman berkayu. “Bisa juga Rp. 50 juta itu, semuanya dibelikan bibit tanaman buah yang berkayu,” ujarnya.

“Jenis bibitnya diserahkan sepenuhnya sesuai keinginan penerima. Karena sudah sesuai keinginan penerima maka semua bibit tersebut harus ditanam. Jangan ada bibit yang tidak ditanam,” papar legislator dari FPKS ini.

Setelah ditanam, lanjutnya, jangan lupa terus dirawat sampai tumbuhan tersebut bisa tumbuh mandiri.

“Jika sudah berbuah silahkan diambil dan dijual. Semoga masyarakat disini bisa lebih sejahtera dari hasil penjualan buah tersebut. Inilah yang diinginkan oleh negara,゛ kata Hermanto.

Saat Hermanto berkunjung, kelompok-kelompok tersebut sudah menerima bantuan dana tahap I sekitar Rp. 30 juta. Dana itu oleh kelompok-kelompok sudah dibelikan bibit tanaman seperti alpukat, durian, manggis, pinang dan tanaman keras lainnya. Bibit-bibit itu sebagian besar sudah ditanam. Dana bantuan sisanya dicairkan di tahap II setelah kelompok-kelompok tersebut menyerahkan laporan penggunaan dana tahap I. (Joko)

Facebook Comments