Saat Reses, Hermanto Kunjungi Nelayan Tradisional

Saat Reses, Hermanto Kunjungi Nelayan Tradisional

BERBAGI

PADANG – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan mengunjungi nelayan tradisional di Pantai Gates, Padang. Dalam kunjungan tersebut terungkap, para nelayan di pantai tersebut sulit mendapatkan akses informasi tentang kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

“Sulitnya mendapatkan informasi menjadi pangkal sebab nelayan tradisional tidak tersentuh oleh program pembangunan perbaikan kualitas kesejahteraan dan teknologi melaut,” jelas Hermanto.

Selama empat dasawarsa lebih melaut, ungkapnya, nasib hidup dan kesejahteraan nelayan tradisional belum berubah. Hal tersebut karena selama ini praktek menangkap ikan masih menggunakan cara manual dan tidak menggunakan teknologi.

“Akibatnya, hasil tangkapan ikan sedikit dan harga yang diterima juga sangat rendah sehingga pendapatan tidak cukup untuk perbaikan kesejahteraan,” papar legislator dari FPKS ini.

Dalam diskusi, lanjutnya, para nelayan berharap mendapatkan bantuan program dari pemerintah.

“Agar bisa mendapat bantuan Pemerintah, kepada para nelayan tersebut dijelaskan agar mereka membentuk kelompok. Kelompok tersebut dilegalkan dengan akta notaris, lalu didaftarkan ke Dinas Kelautan Perikanan. Setelah terdaftar di dinas tentu akan mendapat pendampingan oleh Penyuluh dan bisa mengajukan proposal resmi untuk bantuan program,” papar Hermanto.

Dalam memberikan advokasi ke nelayan tradisional tersebut, Hermanto didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kota Padang Guswardi. (Joko)

Facebook Comments